Internet Media Sosial

Cara instal Whatsapp dalam 1 Hp

Sejak pandemi melanda, kita dituntut bekerja serba cepat dan digital. Yang biasanya bisa langsung bertatap muka, kini kita dipaksa bertatap hanya lewat layar.

Semua urusan dijalankan melalui berbagai aplikasi percakapan online. Mulai dari Gmail, Line, hingga WhatsApp. Pertemuan penting pun harus menggunakan aplikasi, seperti Zoom atau Google Meet.

Dengan intensitas yang tinggi, mau tidak mau kita harus mengakali diri untuk bisa bekerja dengan cepat, tepat dan efisien. Seperti membeli gadget baru agar mobilitas dan komunikasi dapat berlangsung dengan baik tanpa gangguan

pasang 2 aplikasi whatsaap dalam 1 hp android

Terlebih untuk yang memiliki usaha atau pekerja kantoran, tentu sangat susah membagi komunikasi antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Salah langkah, kedua hal tersebut dapat bersinggungan dan menyebabkan efek jangka panjang.

Nah, untuk itu kami akan memberi tips bagaimana memiliki dua aplikasi WhatsApp dalam satu ponsel yang sama. Penasaran? Yuk, simak penjelasan di bawah ini

Dual Apps Xiaomi

Jika Anda ingin memiliki dua aplikasi WhatsApp tapi bukan untuk bisnis, maka cara ini dapat diterapkan pada ponsel Xiaomi Anda. Yakni dengan memanfaatkan Dual Apps. Caranya sangat mudah.

  • Langkah pertama, buka Setelan atau Setting pada ponsel Xiaomi kalian.
  • Kemudian, scroll ke bawah hingga layar menampilkan opsi Aplikasi Ganda atau Dual Apps.
  • Klik opsi tersebut dan kembali scroll layar hingga menemukan ikon dan tulisan WhatsApp.
  • Lalu, gulir atau tekan tombol di samping kanan opsi WhatsApp hingga berubah warna dari abu-abu ke biru.

Nah, sekarang kalian sudah memiliki dua aplikasi WhatsApp dalam satu ponsel! Sangat mudah, kan?

Dual Messengers Samsung

Selain pengguna Xiaomi, pengguna ponsel Samsung juga dapat menikmati layanan yang sama dengan Dual Messengers.

Hampir serupa dengan Xiaomi, cara untuk ponsel Samsung juga tergolong mudah. Fitur Dual Messenger sendiri tersemat di One UI Samsung. Jadi, tidak hanya WhatsApp, kalian juga bisa menduplikasi aplikasi lainnya seperti Telegram dan Facebook.

Untuk menggunakan Dual Messenger dapat mengikuti langkah dibawah ini:

  • ,masuk ke dalam Pengaturan atau Settings pada menu.
  • Kemudian, pilih Advanced Features. Selanjutnya, klik opsi Dual Messengers.
  • Nantinya, menu ini akan menunjukkan aplikasi apa saja yang dapat digunakan dengan Dual Messenger.
  • Setelah itu, geser tombol pada kolom WhatsApp sebagai pilihan aplikasi yang ingin digandakan dan klik pilihan Install.

Jangan lupa membaca Disclaimer yang tertera dan tekan opsi Confirm. Voila! Kalian berhasil memiliki dua aplikasi WhatsApp dalam satu ponsel!

Clone Apps Oppo

Untuk pengguna ponsel Oppo, kalian juga bisa mendapatkan dua aplikasi WhatsApp dalam satu ponsel yang sama dengan menggunakan fitur Clone Apps.

  • Caranya yakni buka menu Settings atau Pengaturan, dan scroll hingga menemukan fitur Clone Apps.
  • Selanjutnya, klik opsi WhatsApp pada laman Clone Apps dan geser tombol pada pilihan Enabel App Cloning.
  • Kalian juga bisa mengganti nama aplikasi kedua WhatsApp kalian dengan mengklik opsi Rename Clone App.

App Clone Vivo

Sedangkan untuk pengguna ponsel Vivo, kalian juga bisa menggandakan aplikasi WhatsApp dengan bantuan App Clone.

  • Caranya dengan menekan opsi Setting atau Pengaturan pada menu.
  • Scroll hingga menemukan pilihan App Clone.
  • Kemudian, geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan fitur tersebut.
  • Lalu, kembali ke home screen atau halaman depan ponsel kalian untuk melihat aplikasi yang ada.
  • Setelah itu, tekan dan tahan beberapa saat pada ikon aplikasi WhatsApp hingga muncul ikon hapus dengan tanda (X) dan tambah (+). Klik opsi tambah (+) dan nantinya akan mucul aplikasi ganda WhatsApp pada home screen kalian.

Optimalkan WhatsApp Business

Disadur dari faq.whatsapp.com, WhatsApp Business merupakan aplikasi gratis yang dapat diunduh untuk semua pengguna ponsel berbasis Android maupun iOS.

Aplikasi ini didesain untuk pemilik bisnis kecil, seperti UMKM. Aplikasi ini memudahkan komunikasi dan interaksi antara pelanggan dan pemilik bisnis dengan menyediakan beberapa fitur untuk mengautomasi, membalas pesan dengan cepat, serta menyortir.

WhatsApp Business didesain dan berfungsi sama dengan aplikasi WhatsApp pada umumnya, seperti mengirim foto, video dan mengirim pesan.

Adapun beberapa fitur yang tersedia adalah Profil Bisnis untuk memberikan informasi penting seputar bisnis – seperti alamat, situs web, hingga katalog produk. Yang kedua adalah Label, dimana fitur ini mengorganisasi dan dapat menemukan chat dengan mudah.

Terakhir yakni Fitur Perpesanan untuk membalas atau merespons pelanggan dengan cepat.

Aplikasi ini dapat ditemukan dengan mudah di Google Play maupun App Store secara gratis. Untuk mendaftar, kalian membutuhkan nomor telepon seperti menggunakan aplikasi WhatsApp pada umumnya. Ada baiknya kalian menggunakan nomor khusus untuk bisnis, bukan nomor yang sama dengan yang digunakan sehari-hari.

Setelah memasukkan nomor telepon, kalian akan diminta melakukan verifikasi akun. Selanjutnya, lengkapi data profil bisnis milik Anda. Yakni dengan menekan Settings atau Pengaturan, kemudian pilih Business Settings, lalu ke Profile. Informasi yang diminta seperti nama bisnis atau nama toko, alamat, detail kontak, email, kategori bisnis, serta website yang digunakan.

Kalian juga bisa memanfaatkan fitur Auto Reply dengan label atau template pesan yang sama yang akan dikirimkan secara otomatis saat calon pembeli mengirim pesan ke kontak bisnis Anda.

Caranya dengan membuka Pengaturan atau Settings, lalu klik Business Settings. Selanjutnya, tekan Away Message / Greeting Message / Quick Replies. Fitur tersebut dapat ‘menggantikan’ Anda sebagai admin sementara jika Anda sedang tidak pada posisi On WhatsApp.

Mudah, kan?

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.