Internet Media Sosial

Cara menonaktifkan Akun facebook Sementara, permanent

Di era serba digital sekarang ini, media sosial setara seperti kebutuhan primer yang menggantikan warta koran, majalah atau berbagai jenis media cetak lainnya. Dari media sosial, kita bisa mendapatkan berbagai informasi kapan saja dan dari mana saja.

Situs media sosial Facebook adalah salah satu jenis media sosial yang berhasil menjadi titik balik dari kemajuan media sosial yang semakin menjamur setiap harinya. Seperti Twitter, Path, hingga Instagram.

Media sosial dengan logo huruf F warna biru ini menjadi wadah untuk mendekatkan yang jauh dengan mengumpulkan jutaan orang di dunia dalam satu platform digital.

Media sosial ini memberi kebebasan dan kemudahan para pengguna untuk saling berbagi informasi dalam berbagai topik. Misalnya informasi seputar berita terkini dari mancanegara, informasi seputar hobi, informasi dunia showbiz dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, linimasa Facebook akan memuat banyak berita dan informasi yang terkadang sangat menguras tenaga. Terlebih jika informasi atau berita yang dibagikan berkaitan dengan hal yang kita tidak suka atau berita-berita dengan pesan negatif mengenai objek tertentu.

Untuk itu, terkadang kita perlu beristirahat sejenak dari dunia media sosial untuk mengembalikan energi positif dalam tubuh dan lebih menikmati dunia nyata dibandingkan dengan dunia maya.

Dengan menonaktifkan media sosial, kita bisa lebih fokus untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau orang terkasih, memiliki hobi baru, atau menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien.

Salah satu cara menghapus media sosial adalah dengan menonaktifkan atau menghapus akun media sosial kita, contohnya menghapus Facebook. Uninstall atau melepas mencopot pemasangan aplikasi kadang tidak terlalu membantu kegiatan media sosial kita, maka nonaktif akun dapat menyempurnakan kegiatan istirahat dari media sosial.

Lalu, bagaimana cara menghapus Facebook?

Ternyata, ada dua cara menghapus Facebook, yakni menghapus sementara dan menghapus secara permanen.

Cara Menonaktifkan Facebook Sementara

Untuk menghapus atau menonaktifkan Facebook sementara, kalian bisa menggunakan browser HP ataupun dari PC dan laptop. Dengan menghapus sementara, kalian bisa mengaktifkan kembali akun selama mengingat email dan password..

Menonaktifkan Facebook dari HP

  • Langkah pertama, log in atau masuk ke akun Facebook menggunakan browser, untuk contoh ini, gunakan Chrome pada ponsel pintar.
  • Kemudian, klik Menu dengan ikon garis tiga.
  • Selanjutnya, gulir atau scroll layar dan klik Pengaturan.
  • Selanjutnya, gulir hingga menemukan Informasi Facebook, lalu klik Kepemilikan Akun dan Kontrol Akun.
  • Kalian bisa menonaktifkan Facebook dengan menekan Penonaktian dan Penghapusan.

Dalam pilihan ini ada dua opsi yang tersedia, pertama adalah Menghapus Facebook Sementara (Nonaktifkan Akun) dan pilihan kedua hapus permanen (Hapus Akun). Karena kalian akan menonaktifkan sementara, maka tekan pilihan pertama.

Perlu diingat Hapus Akun akan menghilangkan seluruh data berupa foto, video, hingga postingan akun kalian selama menggunakan media sosial Facebook. Juga, akun Facebook yang terhubung dengan aplikasi Messenger ikut terhapus.

Menonaktifkan Facebook dari PC atau Laptop

Sama seperti cara sebelumnya, kalian harus lebih dulu Masuk atau Log In pada akun Facebook. Setelah itu, pilih Pengaturan.

Dari pilihan tersebut, kalian akan dialihkan ke halaman Pengaturan Umum dari akun yang kalian miliki, kemudian pilih Sunting yang tertera dalam kolom Kelola Akun. Untuk menonaktifkan Facebook sementara, pilih opsi Nonaktifkan Akun.

Setelah itu, kalian akan diminta mengisi form untuk menjelaskan alasan menonaktifkan akun Facebook. Lalu, beri centang pada pilihan Tolak Email untuk menghindari mendapatkan email pemberitahuan dari Facebook, kemudian klik Tutup. Nah, akun Facebok kalian berhasil dinonaktifkan!

Terus, apa perbedaan menghapus permanen dan menonaktifkan sementara?

Apabila kalian menonaktifkan, maka kalian bisa mengaktifkan kembali akun Facebook kapan saja asal masih ingat email dan password yang digunakan. Orang-orang atau teman di Facebook tidak dapat melihat linimasa akun ataupun mencari akun kalian. Dan yang terakhir, beberapa informasi masih bisa dilihat oleh pengguna lain – misalnya pesan yang sudah kalian kirimkan.

Lalu, jika menghapus permanen, kalian tidak akan bisa mengaktifkan kembali akun Facebook tersebut. Pihak Facebook akan menunda penghapusan beberapa hari setelah menerima permintaan, jadi saat kalian mengajukan pembatalan penghapusan, Facebook akan mengembalikan akun dalam beberapa saat.

Selain itu, informasi seperti riwayat chat tidak disimpan dalam akun kalian. Yang artinya, pihak teman masih bisa mengakses riwayat obrolan, namun kalian tidak dapat mengakses kembali.

Lalu, salinan beberapa materi seperti catatan log mungkin masih disimpan dalam database Facebook, namun tidak dikaitkan dengan pengidentifikasi pribadi kalian.

Kalau begitu, bagaimana cara download data Facebook kita?

Tenang, kalian masih bisa mengunduh atau download salinan data dari Facebook kalian, loh! Pihak Facebook sudah merekam dan menyimpan seluruh kegiatan kita sejak mendaftar akun pertama kali hingga kalian memutuskan menghapus akun. Mulai dari unggahan foto, video, postingan yang disukai, akun yang diikuti dan berteman, percakapan, hingga postingan linimasa.

  • Caranya, klik ke Pengaturan akun Facebook kalian dan pilih ‘Download a Copy of Your Facebook Data’ atau Unduh Salinan Data Facebook Anda.
  • Kemudian, klik opsi Unduh Arsip. Nantinya, salinan data akun akan otomatis terunduh dalam beberapa menit. Nantinya, Facebook akan memberi pemberitahuan jika unduhan selesai.
  • Lalu, klik Unduh Arsip sekali lagi dan download file dalam bentuk .zip akan dimulai.
  • Setelah unduhan selesai, harap cek keseluruhan folder dalam arsip tersebut untuk mengetahui informasi akun kalian.

Cara Menghapus Permanen Facebook

Apabila kalian ingin menghapus akun secara permanen, perlu diingat bahwa kalian tidak akan bisa mengakses kembali akun tersebut termasuk seluruh data di dalamnya. Untuk menghapus permanen, langkah-langkahnya sama dengan Nonaktif Sementara, hanya saja pilih opsi Permintaan Penghapusan Akun pada pilihan Kelola Akun.

Facebook akan menghapus akun secara permanen setelah 14 hari jeda waktu. Selama itu, kalian bisa mengajukan pembatalan jika berubah pikiran. Namun, jika benar-benar ingin menghapus akun tersebut, maka kalian dapat menunggu selama 2 minggu untuk penghapusan akun.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.