Internet Media Sosial

Cara ganti Sandi facebook

Seringkali kita mendengar berita kejahatan yang melibatkan pembajakan akun Facebook dengan kerugian yang cukup besar. Ada berbagai alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi secara berulang, salah satunya adalah tingkat keamanan akun yang rendah. Tingkat keamanan ini dapat diukur dari penggunaan password dan kekuatan dari password itu sendiri.

Para hacker memanfaatkan tingkat kelemahan password untuk mneyalahgunakan informasi pemilik akun dan meraup untung sebanyak-banyaknya. Hal ini tentu akan sangat merugikan pemilik akun, dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Kali ini kita akan membahas apa pentingnya mengganti password Facebook secara berkala.

Pentingnya Mengganti Password Facebook

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu mengganti password Facebook dalam jangka waktu tertentu. Apa saja? Yuk, kita ulas satu persatu!

  1. Menjaga Informasi Pemilik Akun
    Saat mendaftar, biasanya Facebook akan meminta beberapa informasi pribadi yang kita miliki. Seperti alamat email, nomor ponsel, tanggal dan tahun lahir, hingga foto profil milik kita. Data-data ini berlaku untuk mendaftar hampir semua jenis media sosial dan layanan ataupun fasilitas penting lainnya.
    Agar data pribadi ini tidak tersebar ke pihak yang tidak bertanggungjawab, maka diperlukan penggantian password Facebook secara berkala. Pastikan password yang digunakan memiliki tingkat keunikan yang tinggi seperti menggunakan huruf kapital, terdapat tanda baca dan angka dalam satu kombinasi password.
  2. Menjaga Akun dari Retasan Hacker
    Alasan lain kenapa harus mengganti password secara berkala yakni melindungi akun Facebook kalian dari para hacker atau peretas yang tidak bertanggung jawab. Para hacker ini biasanya menyasar akun-akun yang memiliki tingkat keamanan rendah dan menyalahgunakan data diri pemilik akun untuk hal-hal yang merugikan. Seperti peminjaman online, pembuatan kartu kredit untuk berbelanja, dan lain sebagainya.
  3. Menjaga Akun dari Hacker Secara Terus-Menerus
    Apabila akun pernah diretas hacker, maka sangat perlu mengganti password Facebook secara berkala agar tidak diretas hacker secara terus-menerus. Hindari penggunaan password yang sama dalam satu akun agar tidak kembali diretas oleh hacker.
  4. Menjaga Akun dari Akses Logger Keystroke
    Selain hacker, pihak yang perlu diwaspadai dalam hal keamanan akun Facebook adalah logger keystroke. Logger keystroke ini merupakan suatu teknologi pengawasan yang berfungsi untuk merekam penekanan tombol. Teknologi ini seringkali menjadi celah pencurian informasi pribadi dari akun-akun media sosial lainnya. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka penggantian password secara berkala sangat diperlukan guna menjaga keamanan akun kalian.

Lalu, bagaimana cara mengganti password Facebook?

Untuk kalian yang baru menggunakan Facebook, ada dua cara yang dapat digunakan untuk mengubah password akun Facebook. Cara pertama yakni melalui ponsel pintar atau smartphone kalian dan cara yang kedua yakni melalui desktop atau perangkat PC dan Laptop.

Merubah dari Ponsel

  • Langkah pertama, buka aplikasi Facebook pada ponsel dan pastikan kalian sudah Masuk atau Log In terlebih dahulu. Kemudian tekan ikon garis tiga yang berada pada pojok kanan panel aplikasi untuk aplikasi Android dan pojok kanan bawah untuk aplikasi iOS (Apple).
  • Scroll layar hingga menemukan Account Settings atau Pengaturan Akun,
  • kemudian pilih opsi Security and Login atau Kemanan dan Informasi Login. Langkah selanjutnya kalian bisa mengganti password akun Facebook setelah menekan opsi Change Password atau Ubah Kata Sandi pada segmen Login.
  • Kalian akan diminta mengisi password lama atau Current Password pada kolom yang tertera, lalu masukkan password baru yang kalian inginkan pada kolom New Password, pastikan password baru ini memiliki kombinasi yang unik agar tidak mudah diretas oleh hacker.
  • Kalian juga akan diminta mengetik ulang password baru di kolom Re-Type New Password. Pastikan yang dimasukkan sama seperti yang sebelumnya, ya!

Setelah selesai, klik opsi Save Changes atau Simpan Perubahan berwarna biru pada bagian bawah panel. Dan voila! Kalian berhasil merubah password akun Facebook kalian!

Tunggu dulu, jenis password bagaimana yang dirasa aman untuk Facebook?

Hampir semua akun media sosial dan sejenisnya akan memberi saran kepada kalian untuk menggunakan kombinasi alfanumerik sebagai password. Kombinasi alfanumerik ini adalah kombinasi password yang berisikan huruf kapital, huruf non-kapital, angka, dan simbol atau tanda baca tertentu dalam satu password yang sama.

Jangan gunakan bagian dari informasi pribadi kalian sebagai password, misalnya seperti nama, tanggal ulang tahun, alamat rumah, ataupun bagian dari username. Hal ini akan memudahkan hacker untuk meretas akun kalian, loh.
Setidaknya gunakan minimal 6 karakter sebagai password kalian. Semakin panjang dan rumit password, maka semakin susah untuk para hacker meretas akun media sosial kalian.

Juga, jangan gunakan password yang pernah digunakan atau password tersimpan untuk digunakan kembali. Hal ini dapat mempermudah akses hacker dalam meretas informasi pribadi kalian.

Selain itu, hindari menggunakan frasa atau kata umum yang ada dalam kamus. Misalnya, berjalan100, hal umum seperti ini akan sangat mudah untuk ditebak oleh para peretas. Kombinasikan angka, huruf dan simbol menjadi satu bentuk password yang unik namun mudah untuk kalian ingat.

Ada baiknya gunakan password yang berbeda untuk setiap media sosial yang kalian miliki. Misalnya, gunakan password yang berbeda antara akun Facebook dengan akun Instagram dan akun Twitter kalian. Jika ketiganya memiliki password yang sama, maka hacker akan dengan mudah meretas semua akun dan menyalahgunakan informasi yang ada pada akun tersebut.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.