3 cara simple menaikan omset penjualan

Cari Ide Mendatangkan Pengunjung

Apa pun bisnis Anda, jika ingin menaikan omset, maka Anda harus berusaha menaikan jumlah kunjungan, baik ke toko Anda, ke stand pameran Anda, ke show room Anda, ke restoran Anda, ke hotel Anda atau apa pun bisnis Anda. Termasuk ke website Anda jika Anda juga menerapkan strategi pemasaran online.

Bagaimana caranya? Silahkan pikirkan ide bersama tim Anda. Kuncinya adalah bagaimana tempat usaha Anda bisa menarik perhatian orang sebanyak mungkin.

Kuncinya adalah menarik perhatian. Bisa dengan iklan, spanduk, poster, selebaran atau apa pun, yang intinya menarik perhatian bagi pengunjung.

tips belanja online aman

Bagaimana dengan pemasaran online? Bisa dengan berbagai cara. Bisa dengan iklan di social media, mencari ide-ide menarik perhatian pengguna social media, atau dengan teknik SEO untuk mendatangkan pengunjung lebih banyak ke website Anda.

Saya tidak menjelaskan semua ide disini. Anda bersama tim Anda bisa melakukan brain storming untuk mencari ide bagaimana agar usaha Anda menarik perhatian dan mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin. Jika perlu, ada tim khusus untuk ini. Bisa dikatakan tim kreatif karena tugasnya mencari ide-ide kreatif untuk menarik perhatian dan mendatangkan pengujung.

Tweaking: Memperbaiki Yang Sudah Ada
Sebenarnya untuk meningkatkan kunjungan tidak selamanya membuat yang baru. Bisa dengan memperbaiki yang sudah ada. Misalnya cobalah lihat tempat usaha Anda, lihatlah dari jauh dan tanyakan, apa yang bisa diperbaiki agar menarik perhatian.

Pemasaran online juga sama. Apa yang bisa diperbaiki pada website Anda? Apa yang bisa diperbaiki pada kampanye media sosial Anda?

Sebagai contoh, saya mencoba tweaking pada salah satu website saya, dan hasilnya sangat terasa. Pengunjungnya naik sekitar 80% hanya dengan perbaikan kecil.

 Tingkatkan Konversi Penjualan Anda

Setelah website atau toko Anda dibanjiri oleh pengunjung, maka langkah selanjutnya adalah meningkatkan konversi penjualan. Bagaimana agar lebih banyak orang yang datang ke website Anda membeli produk atau jasa Anda. Jika selamanya ini misalnya 1% membeli (1 dari seratus orang pengunjung membeli produk Anda), maka tingkatkan menjadi 2% saja sudah menggandakan omset Anda.

Bagaimana cara meningkatkan konversi penjualan Anda? Ada banyak ide yang bisa dilakukan untuk meningkatkan konversi. Saya akan sampaikan 3 ide yang bisa Anda aplikasikan segera.

Perbaiki Tampilan. Berikan kesan pertama yang menggoda, baik itu website, toko, front office, dan sebagainya. Kesan pertama yang positif akan mengarahkan kepada hal-hal positif lainnya.
Kata-kata yang Menjual. Baik itu kata-kata di website Anda. Kata-kata yang ada di rumah makan, kantor, front office, atau apa pun harus menarik orang membeli produk dan jasa Anda. Tampilkan penawaran yang hanya bisa diberikan oleh Anda dan tidak diberikan orang lain.
Customer Service Yang Ramah. Jangan rusak mood orang yang berkunjung dengan pelayanan yang asal, tanpa keramahan, tanpa senyum. Ingat, keputusan membeli ditentukan oleh emosi. Bisa saja mereka tetap membeli, tapi jika pelayanan kurang baik, itu bisa menjadi yang pertama sekaligus yang terakhir.
Dari salah satu klien kami, hanya dengan mentraining pelayan toko, omset ternyata naik secara siginifikan. Kenapa tidak dilakukan?

Sementara, klien lain, tingkat penjualan naik secara drastis setelah mengubah kata-kata yang dikatakan saat menerima telepon dari calon pelanggan.

Leverage Pelanggan Yang Sudah Ada

Cara ketiga yang dengan cepat bisa meningkatkan omset adalah dengan meleverage (daya ungkit) pelanggan yang sudah ada. Baik pelanggan yang lama, maupun pelanggan yang baru saja Anda dapatkan. Meleverage pelanggan yang sudah ada adalah cara cepat dan murah untuk meningkatkan omset.

Bagaimana contoh meleverage pelanggan yang sudah ada? Caranya adalah dengan bertanya pada diri Anda atau tim Anda:

Bagaimana agar pelanggan yang membeli produk atau jasa Anda, membeli lagi produk atau jasa lain?
Bagaimana agar pelanggan yang membeli produk atau jasa Anda, membeli produk atau jasa dengan volume lebih besar?
Bagaimana agar pelanggan yang sudah lama tidak membeli produk atau jasa Anda, kembali aktif membeli produk atau jasa Anda?
Bagaimana agar pelanggan yang pernah membeli produk atau jasa Anda merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada orang lain?
Saran saya, agendakan meeting rutin untuk membahas ini dengan tim Anda. Akan hadir berbagai ide yang bisa Anda coba untuk menaik omset penjualan dengan cepat. Cobalah ide-ide itu. Jangan lupa, tidak ada ide jelek dan tidak ada ide dijamin berhasil. Anda perlu melakukan test dan ukur untuk menemukan ide-ide terbaik.

Satu kata kunci yang sangat penting jika ingin meleverage pelanggan Anda secara efektif adalah: membangun database.

Cara-cara Lain Menaikan Omset

Ketiga cara diatas adalah 3 cara yang cukup populer yang biasa dilakukan oleh para pebisnis. Tapi sebenarnya masih banyak ide-ide lain yang bisa diterapkan untuk menaikan omset penjualan bisnis Anda. Dan, ide-ide itu tidak hanya masalah pemasaran.

Saran kami, untuk menaikan omset, jangan hanya masalah pemasaran saja, tetapi harus utuh atau secara holistic. Jika satu aspek saja bisa menaikan omset, apalagi jika seluruh aspek bisnis diperbaiki. Mulai dari kejiwaan dan mindset owner, meningkatkan produktivitas karyawan, membangun sistem yang efektif, perencanaan yang cepat, dan menghilangkan berbagai penghalang yang tidak terlihat.

About the author

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *